Senin, 14 April 2014
0 komentar

Teknologi Tenaga Matahari Mampu Mengakses Internet

19.33















ilustrasi (reuters)

EDINBURGH – Peneliti dari University of Edinburgh baru-baru ini mengembangkan teknologi tenaga surya yang memungkinkan dapat mengakses internet. Panel surya itu itu mampu mendeteksi sinyalbroadband, sehingga menghasilkan mampu listrik.



Teknologi itu memungkin data dikirim di World Wide Web (WWW) dengan menggunakan sinar Matahari, dan, selain itu, energi surya dapat dimanfaatkan untuk memberi energi bagi peralatan semacam itu, serta mendeteksi dan mengantar data.


Dalam keterangannya, University of Edinburgh menyatakan, hal itu dapat memungkinkan komunikasi nir-kabel yang memadai di daerah terpencil, di wilayah berkembang yang tak memiliki prasarana web, atau dalam kondisi darurat, kata pernyataan tersebut.

Sebagaimana dilaporkan Xinhua, purwarupa sistem itu telah mencapai kecepatan pengiriman sekitar tujuh Mbps, yang sama dengan kecepatan maksimal jaringan nir-kable konvensional.

Penelitian tersebut dirintis di teknologi Li-Fi pelopor tim Edinburgh --yang memungkinkan data dikirim melalui Internet dengan menggunakan lampu LED.

"Li-Fi yang bertenaga surya dapat membuat akses Internet mungkin diperoleh di tempat jauh, dan membuka semua jenis kemungkinan bagi komunikasi nir-kabel yang berjangkauan luas," kata Prof. Harald Haas dari University of Edinbrugh sebagaimana dikutip Antara.
(amr)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top